Cara aman restart dan shut down di Ubuntu saat nge-hang

Apa yang bisa kita lakukan saat Ubuntu nge-hang ? 

ubuntu nge-hang


    Sementara inputan keyboard dan mouse sama sekali tidak merespon atau biasa di sebut freezing (nge-hang). Kebanyakan orang akan melakukan cara mengatasinya dengan menekan tombol power hingga komputer mati (termasuk saya dulu sebelum tahu caranya :D ). Nah, Bagaimana sih solusinya agar saat nge-hang kita bisa aman me-restart/shut down pada ubuntu kita ? caranya adalah dengan cara  "menyerahkan" kendali keyboard langsung ke Kernel sehingga kita dapat mengontrol sistem dengan keyboard (termasuk me-restart). Oke U-bun langsng saja :

1. Pastikan kalian sudah mengaktifkan fitur Kernel yang bisa disebut "magic SysRq key" dengan mengetik perintah berikut di Terminal:
 cat /proc/sys/kernel/sysrq
2. Jika output-nya adalah "1" maka fitur sudah aktif, tetapi jika bukan 1 output-nya maka ubah nilai menjadi "1" dengan mengetik perintah berikut:
 sudo echo "1" > /proc/sys/kernel/sysrq

Nah, ketika komputer U-bun nge-hang, silakan restart dengan menekan tombol kombinasi "Alt + SysRq+R+E+I+S+U+B"/ "Alt + SysRq+R+E+I+S+U+O" untuk Shut down sambil tetap menekan tombol tersebut,(beri jeda antar tombol lebih baik)
Maka komputer U-bun akan melakukan proses Restart/Shutdown (Pastinya aman :D)
Berikut Penjelasanya :
Kombinasi Alt + SysRq memberitahu sistem bahwa kita ingin memerintah Kernel secara langsung, sedangkan untuk tombol lainnya:
r - menyerahkan kendali keyboard dari X Server ke Kernel, sehingga kita bisa "memerintah" Kernel secara langsung.
e - mengirim sinyal "terminate" ke seluruh proses agar mereka menutup diri mereka sendiri. Proses ini kadang butuh waktu, jadi beri jeda beberapa saat untuk proses ini.
i - mengirim sinyal "kill" ke seluruh proses sehingga mereka ditutup secara paksa.
s - mem-flush (bisa dikatakan menyimpan) data dari cache ke disk
u - melakukan mount seluruh file sistem menjadi read-only
b - me-restart komputer. /
o - untuk shut-down komputer.

Smoga bermanfaat U-bun.
baca juga Cara aman restart dan shut down di Windows saat nge-hang .

1 Komentar untuk "Cara aman restart dan shut down di Ubuntu saat nge-hang"

Back To Top